Skip to content

Workshop Penataan Penyusunan Revisi Rencana Strategis (RENSTRA) Dalam Penyelarasan Kinerja Pemerintah Kota Pontianak

Workshop Penataan Penyusunan Revisi Rencana Strategis (RENSTRA) Dalam Penyelarasan Kinerja Pemerintah Kota Pontianak

Workshop ini dibuka dan dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Pontianak dan dihadiri seluruh Kepala; Sekretaris dan Kasubbag Perencanaan dan Keuangan seluruh Organisasi Perangkat Daerah Kota Pontianak. Workshop ini merupakan tindaklanjut dalam penyusunan RPJMD Perubahan Kota Pontianak Tahun 2015-2019 dan Bimtek SAKIP di kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, yang dilaksanakan di Jakarta pada hari Sabtu tanggal 15-16 April 2017 dan dihadiri sebanyak 17 (tujuh Belas) OPD baru yang indikator kinerja tahun anggaran 2016 yang mendukung indikator kinerja utama Pemerintah Kota Pontianak. Dasar Pelaksanaan kegiatan ini mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2010 tentang pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang tahapan, tata cara penyusunan, pengendalian, dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah.  

Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi yang dibawakan oleh Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan BAPPEDA Kota Pontianak mengenai Sinkronisasi RPJP, RPJMD, RENSTRA, RKPD dan RENJA serta Teknis Penyusunan RENSTRA. Beliau mengatakan bahwa materi perencanaan pembangunan daerah mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2010 tentang tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan Rancangan Awal, Pengendalian, dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah. Selain itu juga dapat kita unduh teknik penyusunan Renstra DR. ASROPI, S.IP., M.Si serta pemaparan Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.

Kepala Bagian Organisasi SETDA Kota Pontianak mengenai Pemaparan Materi Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintahan (SAKIP) serta Ir. Firmansyah Ali Sakti, MT mengenai Pemaparan Sampel RENSTRA Perangkat Daerah Pemerintah Kota Pontianak (BAPPEDA Kota Pontianak).

Selanjutnya dilakukan diskusi dan Tanya jawab terhadap peserta workshop. Dalam pelaksanaan workshop ini, terbagi 3 desk yang terdiri dari desk pertama diketuai oleh Bidang Analisis Data Perencanaan Pembangunan, Perencanaan Program, Monitoring, Evaluasi Dan Pembangunan BAPPEDA Kota Pontianak, dengan susunan keanggotaan terdiri dari Tim Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Pontianak dan Tim Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Pontianak. Keanggotaan tersebut mengasistensi Sekretariat DPRD Kota Pontianak; Satuan Polisi Pamong Praja Kota Pontianak; Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak; Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Pontianak; Dinas Kepemudaan, Olah Raga dan Pariwisata Kota Pontianak; Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pontianak; Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan Kota Pontianak; Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pontianak; Dinas Perpustakaan Kota Pontianak; Kantor Kesatuan Bangsa, Sosial dam Politik Kota Pontianak.

Desk kedua diketuai oleh Bidang Penelitian dan Pengembangan BAPPEDA Kota Pontianak, dengan susunan keanggotaan terdiri dari Tim Bidang Penelitian dan Pengembangan BAPPEDA Kota Pontianak, Tim Bidang Pembangunan Sektoral BAPPEDA Kota Pontianak dan Tim Inspektorat Kota Pontianak. Susunan keanggotaan tersebut diatas mengasistensi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Pontianak; Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Pontianak; Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Pontianak; Dinas Penanaman Modal, Tenaga Kerja dan PTSP Kota Pontianak; Kecamatan Pontianak Utara; Kecamatan Pontianak Timur; Kecamatan Pontianak Selatan; Kecamatan Pontianak Tenggara; Kecamatan Pontianak  Kota; Kecamatan  Pontianak Barat.

Desk ketiga dipimpin oleh Bagian Organisasi SETDA Kota Pontianak, dengan susunan keanggotaan terdiri dari Tim dari Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Pontianak; Tim Bidang Penelitian dan Pengembangan BAPPEDA Kota Pontianak dan Tim Inspektorat Kota Pontianak. Susunan keanggotaan tersebut diatas mengasistensi Sekretariat  Daerah Kota Pontianak; Inspektorat Kota Pontianak; Badan Keuangan Daerah Kota Pontianak; Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Pontianak; Dinas Kesehatan Kota Pontianak; Dinas Sosial Kota Pontianak; Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Pontianak; Dinas Perhubungan Kota Pontianak; Dinas Lingkungan Hidup Kota Pontianak; Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak.